Apa itu masyarakat dan hubungannya dengan Ekonomi

Image

Masyarakat adalah organisasi manusia yang anggotanya saling berhubungan satu sama lain. Secara makna kata masyarakat mengacu pada sekelompok orang yang hidup bersama dalam satu komunitas yang  teratur yang mengutamakan hubungan timbal balik antar sesama anggota masyarakat.  Masyarakat secara umum juga merupakan kelompok yang terdiri dari indiviu-individu yang memeliki ketergantungan anatar satu dan yang lain dalam memenuhi kepentingan hidup yang berbeda-beda antar anggota yang satu dengan yang lain. Dalam masyarakat sangat dimungkinkan untuk terjadinya simbiosis atau hubungan saling timbal balik dalam berbagai aspek kehidupan.

Simbiosis yang terjadi bisa beranekaragam ada  timbal balik yang saling menguntungkan namun ada juga hubungan timbal balik dimana hanya ada sebelah pihak yang diuntungkan dan yang lain tidak. Simbiosis terjadi dalam berbagai aspek kehidupan dalam masyarakat ini terjadi secara alamiah dan tetap dipertahankan dengan maksud untuk menciptakan keselarasan hidup dan kenyamanan bersama dalam bermasyarakat. Adapun hubungan timbal balik yang jelas terjadi ditengah masyarakat bisa kita lihat dari kegiatan ekonomi.

Manusia sebagai makhluk sosial juga merupakan makhluk ekonomi. Yang memiliki keinginan atau kecenderungan  untuk memuaskan dirinya dengan memenuhi  kebutuhan hidupnya baik kebutuhan primer seperti sandang, pangan dan papan maupun kebutuhan sekunder seperti pendidikan, transportasi dan barang-barang rumah tangga. Oleh karana itu masyarakat secara umum punya hubungan yang erat dengan ekonomi, karena masyarakat akan berusaha mencapai kepuasaan untuk memenuhi kebutuhannya.

Secara pemenuhan kebutuhan, masyarakat mempunyai kekhawatiran yang besar dalam kelangsungkan hidupnya hal ini bisa dilihat dari munculnya persaingan-persaingan antar kelompok individu didalam suatu kelompok itu sendiri yang kemudian membuat timbulnya kompleksitas dan hubungan timbal balik yang ada. Biasanya persaingan yang ada meliputi pemilihan sumber daya dan penekannya pada aspek faktor produksi agar sektor produksi yang dijalankan oleh masing- masing kelompok itu bisa terus berjalan ditengah kelangkaan yang ada. Masyarakat secara keseluruhan adalah sebagai subjek pelaku ekonomi yang memiliki potensi yang baik dalam menghasilkan out put baik barang dan jasa jika kemudian masyarakat itu sendiri mau berkomitmen untuk melakukan kegiatan ekonomi secara profesional.

Output yang dihasilkan pun kemudian bisa berguna dalam berbagai sektor kehidupan. Dalam mengembangkan faktor- faktor produksi yang ada dasar dari pengembangan hal tersebut harus dilandasi dengan sifat kreatif, kritis dan inovatif. Kesejahteraan anggota masyarakat secara ekonomi bisa ditentukan dari seberapa besar masyarakat itu bisa mengolah faktor produksi yang ada itu kemudian di jual dan memiliki nilai. Jika kemudian pengelolaan yang dilakukan masyarakat itu baik maka kesejahteraan masyarakat akan meningkat dan berlaku sebaliknya jika kemudian pengelolaan sumberdaya sebagai faktor produksi yang ada dimasyarakat kurang baik maka akan menimbulkan kesenjangan antar sesama anggota masyarakat dalam satu masyarakat tersebut. Selain melakukan kegiatan produksi masyarakat juga memiliki hubungan yang erat dengan prilaku Ekonomi atau nilai nilai dalam ekonomi itu sendiri sebab masyarakat juga melakukan konsumsi dan distribusi atau pemerataan, baik pemerataan pendapatan atau pemerataan output hasil produksi.

Oleh karena itu masyarakat secara umum memiliki kaitan yang erat dengan ekonomi. Karena masyarakat adalah organisasi manusia yang butuh untuk terpenuhi kebutuhannya dengan cara saling timbal balik antara anggota masyarakat yang satu dengan yang lain. Selain itu masyarakat juga melakukan kegiatan- kegiatan ekonomi seperti produksi, konsumsi dan distribusi oleh karena itu masyarakat juga masuk kedalam pelaku ekonomi. Masyarakat juga secara tidak langsung menjadi bagian utama yang potensial untuk meningkatkan kesejahtraan manusia. Baik level rendah seperti misalnya kelompok manusia itu sendiri atau pun secara luas sebuah negara jika kemudian pengelolaan yang dilakukannya baik.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s